Langsung ke konten utama

Postingan Terakhir

Pohon Tua Dengan Penyimpanan Air Paling Banyak

Si Arsitek Lingkungan

baguspedia.org - Pasti beberapa dari kalian bingung atau penasaran dengan judul diatas, atau mungkin kalian menemukannya di post sebelumnya?

Yaa kali ini saya akan membahas hewan yang lebih asing lagi terutama telinga orang Indonesia. Jika saya memberikan gambar hewan ini, dipastikan mereka mengira ini adalah berang - berang, sekilas terlihat mirip namun, mereka cukup berbeda. 

Lalu apa perbedaannya? Ayo kita simak


Biwara
Biwara amerika utara

Hewan ini adalah biwara, hewan pengerat semi-akuatik besar, maksud dari pengerat yaitu karakteristiknya yang memiliki gigi seri yang terus tumbuh di setiap rahang atas dan bawah yang mengharuskan mereka mengunyah untuk mengontrol panjang gigi seri mereka. 

Di post sebelumnya sudah disinggung bahwa ekor platipus seperti biwara, yaa ekor biwara seperti alat untuk memukul lalat ya teman - teman, tapi apa fungsi dari bentuknya yang seperti itu?

kaki dan ekor biwara
Kaki dan ekor biwara

Ekor khas biwara memiliki pangkal berbentuk kerucut, berotot, dan berbulu; dua pertiga sisanya berbentuk datar dan bersisik. Ekor biwara memiliki banyak fungsi: memberikan dukungan bagi hewan saat ia tegak (seperti saat mengunyah pohon), bertindak sebagai kemudi saat berenang, dan menyimpan lemak untuk musim dingin.

Biwara adalah hewan pengerat terbesar di dunia kedua setelah masbro (kapibara).

Biwara dewasa bisa mencapai bobot 30 kg. Wahh udah kaya berat anak SD ya teman - teman.

Terdapat dua spesies biwara yang masih ada saat ini yaitu biwara amerika utara (Castor Canadaensis) dan biwara eurasia (Castor Fiber).

Habitat biwara terletak di ekosistem air tawar seperti, danau dan kolam. Biwara merupakan herbivora yang mengonsumsi pepagan atau kulit kayu dan tumbuhan air serta rumput.

bendungan, biwara
Bendungan yang dibuat biwara

Mengapa dijuluki Si Arsitek Lingkungan?

Karena kemampuan mereka dalam membangun bendungan dan sarang dengan ranting. Bendungan biwara dapat menampung air, sementara sarangnya dapat digunakan untuk bernaung.

Biwara sangat berdampak terhadap organisme - organisme lain di ekosistem, spesies spesies biwara dianggap sebagai spesies kunci.

Biwara merupakan spesies monogami artinya jantan dan betina hidup bersama dengan anak mereka.

Tuhkan yang penting pasangan satu aja haha

Bagi kalian yang bertanya apa sih perbedaan biwara sama berang - berang?

Sini saya kasih paham..

berang - berang
Berang - berang

Biwara dan berang - berang berasal dari dua ordo yang berbeda. Biwara dari ordo Rodentia, berang - berang dari ordo Carnivora.

Di ordo Carnivora, jadi bagian dari keluarga Mustiladae. Bersama cerpelai, ferret, badger, mink, wolferine dan lain - lain.

Sementara itu, biwara bergabung dengan keluarga Castoridae yang dimana genusnya Castor menjadi satu - satunya yang masih hidup sampai saat ini.

Kalau secara fisik, berang - berang berubah panjang dan ramping, sedangkan biwara memiliki tubuh yang bulat dan gemuk serta lamban di darat.

Biwara termasuk hewan herbivora dan berang - berang karnivora.

Dalam sejarah, biwara telah diburu manusia untuk diambil rambut, daging, dan kastoreumnya.

Kedua spesies biwara hampir punah pada abad ke-19 akibat perburuan besar-besaran hingga akhirnya mulai diambil tindakan untuk melestarikan hewan ini. 

Populasi biwara pun kembali meningkat, dan kini kedua spesies biwara digolongkan sebagai spesies risiko rendah oleh Daftar Merah IUCN. 

Dalam kebudayaan manusia, biwara melambangkan ketekunan dan merupakan hewan nasional negara Kanada. 

Demikian penjelasan mengenai biwara atau kalian penasaran dengan judulnya, semoga ini menjadi jawaban kalian dan bagi yang baru tau bisa menambah wawasan kalian. Semoga bermanfaat terima kasih!

Komentar

Postingan Populer