Langsung ke konten utama

Postingan Terakhir

Pohon Tua Dengan Penyimpanan Air Paling Banyak

Seperti Inilah Ponsel Pertama Di Dunia

 baguspedia.org - Zaman sekarang yang namanya handphone atau yang biasa kita sebut HP sudah bukan hal yang baru lagi, sebab setiap orang sudah memilikinya bahkan lebih dari dua. Yang penting pasangan satu sajašŸ˜†. Setiap tahun HP selalu mengalami perkembangan teknologi mulai dari fitur, design, sampai software.

Masuk ke mesin waktu, kita kembali ke tahun 1973, perusahaan yang bernama Motorola membuat ponsel yang dicap sebagai ponsel pertama di dunia, bernama Motorola DynaTAC 8000X, ponsel ini tergolong revolusioner pada masanya, dengan bentuknya yang besar dan berat, sekitar 2 kg! Wahh kalo lagi telepon udah kaya angkat dumble nih.

hp pertama di dunia
(Sumber: http://surl.li/tqnjy)
DynaTAC 8000X

Martin Cooper selaku orang yang pertama kali menemukan handphone , pria kelahiran tahun 1928 di Chicago, Illinois, Amerika Serikat mengakui dirinya sendiri pun tak pernah membayangkan kalau bisa membuat telepon selular berukuran kecil tanpa kabel yang bisa dibawa kemana saja.

penemu hp
(Sumber: https://images.app.goo.gl/ApVgKyYG62mjfzfp9)
Martin Cooper

Kita bandingkan dengan model zaman sekarang yang tipis dan ringan, ponsel ini lebih mirip batu bata, bahkan batu bata per biji pun tak seberat ini.

Dibalik semua itu penemuan ini menjadi sejarah penting perkembangan teknologi komunikasi mobile. DynaTAC 8000X secara tidak langsung menimbulkan kendala atau masalah bagi penggunanya yang mungkin saja merasa berat atau tidak praktis bagi yang merasakannya. 

Timbullah solusi dari masalah itu sehingga terciptanya ponsel yang kecil, lebih ringan, juga lebih canggih di masa depan.

Berikut beberapa fakta menarik lainnya tentang Motorola DynaTAC 8000X:

  • Ponsel ini untuk isi ulang baterai membutuhkan waktu 10 jam, dan hanya bisa digunakan percakapan selama 30 menit.
  • Harga DynaTAC 8000X saat pertama kali diluncurkan mencapai USD 4.000, yang setara puluhan juta rupiah saat ini.
  • Ponsel ini hanya dapat digunakan di area yang memiliki jangkauan jaringan seluler yang terbatas.
  • Meskipun mahal dan berat, DynaTAC 8000X menjadi simbol status bagi para profesional dan pebisnis pada masanya.

Demikian jawaban atas pertanyaan teman - teman atau mungkin menjadi informasi baru bagi teman- teman. Semoga bermanfaat terima kasih!!

Komentar

Postingan Populer