Langsung ke konten utama

Postingan Terakhir

Pohon Tua Dengan Penyimpanan Air Paling Banyak

Salah Satu Hewan Langka di Meksiko

baguspedia.org - Hewan ini ialah salah satu hewan yang langka dan terancam punah di Meksiko. Dan bagi sebagian orang nama hewan ini cukup asing.  

Apa itu Axolotl? Mengapa Axolotl termasuk hewan langka? Apa saja karakteristiknya?🤔 Mari kita cari tahu di bawah ini


(sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Axolotl#/media/Berkas:Axolotl_ganz.jpg)


Axolotl (Ambystoma mexicanum) adalah salamander neotenik, yang berarti mereka akan mempertahankan ciri larvanya hingga dewasa. Yang berarti mereka akan mempertahankan insangnya sepanjang hidup dan tidak pernah sepenuhnya bermetamorfosis menjadi orang dewasa yang hidup di darat. 

Axolotl (Ambystoma mexicanum) termasuk hewan langka karena beberapa faktor yang saling terkait, diantaranya:

1. Hilangnya Habitat

Habitat alami axolotl di Danau Xochimilco, Meksiko, mengalami degradasi signifikan akibat urbanisasi, polusi, dan pendangkalan. Hal ini menyebabkan hilangnya tempat tinggal dan sumber makanan mereka.

2. Polusi

Pencemaran danau oleh limbah agrikultur, limbah rumah tangga, dan bahan kimia industri beracun bagi axolotl dapat mengganggu reproduksinya.

3. Perubahan Iklim

Fluktuasi suhu dan pola curah hujan akibat perubahan iklim di Danau Xochimilco berdampak negatif pada habitat dan reproduksi axolotl.

4. Penangkapan Liar

Meskipun ilegal, penangkapan liar axolotl untuk perdagangan hewan peliharaan dan tujuan penelitian masih terjadi, dan memperburuk penurunan populasinya.

Lalu apa saja sih karakteristiknya? 

Axolotl memiliki karakteristik diantaranya dari segi penampilan memiliki badan yang gemuk dan badan yang pendek. Axolotl juga memiliki insang berbulu dikepalanya yang digunakan untuk bernafas. 

Axolotl juga memiliki empat kaki berselaput dan sirip punggung yang terbentang disepanjang tubuhnya. Warna khas axolotl adalah abu-abu namun ada juga jenis albino dan putih yang umum dipelihara.

Axolotl termasuk hewan yang unik karena ia dapat melakukan regenerasi yang luar biasa. Axolotl dapat menumbuhkan kembali bagian tubuh yang hilang bahkan jantung dan otak mereka. Axolotl juga termasuk predator. Mereka memakan cacing, moluska, larva serangga dan hewan kecil lainnya.

Inilah informasi tentang axolotl semoga menambah wawasan baru teman teman ya. terima kasih!!






Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer