Langsung ke konten utama

Postingan Terakhir

Pohon Tua Dengan Penyimpanan Air Paling Banyak

Mamalia Unik Dari Timur Australia

baguspedia.org - Bagi sebagian orang nama hewan ini cukup asing ditelinga. Bagi yang belum tahu hewan ini endemik Australia bagian timur. 

Hewan ini cukup unik dari kebanyakan. Namanya adalah platipus.

Apa itu platipus? Lalu apa keunikannya? Apakah hewan langka? Mari kita simak.

platipus
(Sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Berkas:Platypus_in_Geelong.jpg)
Platipus

Platipus (Ornithorhynchus anatinus) adalah mamalia semi-akuatik artinya platipus menghabiskan sebagian waktunya di air.

Keunikannya yaitu, hewan ini mamalia bertelur walau masuk kelas mamalia karena platipus mempunyai kelenjar susu untuk menyusui.

Dalam mencari mangsa, platipus merasakannya melalui elektrolokasi yaitu kemampuan dimana seekor hewan bisa merasakan sinyal listrik yang dihasilkan oleh pergerakan hewan lain.

bisa platipus
(Sumber: https://images.app.goo.gl/A3rSMuxo93mAktfB7)
Taji pada belakang kaki platipus

Pada belakang kaki platipus khususnya platipus jantan, memiliki taji yang mampu menghantarkan bisa yang dapat menyebabkan rasa sakit parah pada manusia.

Platipus memiliki penampilan yang tidak biasa dari hewan mamalia bertelur ini yang memiliki paruh seperti bebek, ekor seperti biwara, dan kaki yang seperti berang - berang. Hal ini membuat bingung para ilmuwan saat pertama kali menemukannya.

Pada tahun 1799, para ilmuwan pertama yang memeriksa tubuh platipus yang diawetkan mengira itu adalah palsu, mengatakannya terbuat dari beberapa hewan yang dijahit menjadi satu.

persebaran platipus
(Sumber: https://images.app.goo.gl/yvpJLa3D9WP1Xbks7)
Persebaran platipus di Australia 

Per tahun 2020, platipus adalah spesies yang dilindungi secara hukum di semua negara bagian di mana ia berada. Platipus menjadi spesies yang terancam punah di Australia selatan dan rentan di Victoria oleh IUCN. Diakibatkan karena kerusakan habitat dan penurunan jumlahnya di semua negara bagian Australia.

Maka dari itu, sepatutnya kita menjaga lingkungan serta habitat hewan yang ditinggali agar tidak seperti platipus yang kemudian menjadi menurun jumlahnya yang terjadi di semua negara bagian.


Komentar

Postingan Populer