Langsung ke konten utama

Postingan Terakhir

Pohon Tua Dengan Penyimpanan Air Paling Banyak

Internet: "Kenapa Satelit Terus Gunanya Fiber Optik Apa?"

baguspedia.org - Saat menonton Tiktok, ada video yang lewat di halaman beranda saya. Video itu membahas Wi-Fi yang di transimisikan langsung dari satelit. Kemudian saya melihat komentar, namun ada satu komentar yang membuat saya tidak habis pikir bagaimana dia bisa melontarkan komentar yang seakan dia sangat mengetahuinya. 

Satelit internet
Kurang lebih komen dia seperti ini "Terus kabel bawah laut (fiber optik) itu buat apa?  ga masuk akal banget lagian satelit juga gaada" Dia mengira kalau internet hanya bisa ditransmisikan lewat fiber optik, dan tidak percaya dengan keberadaan satelit.

Untuk membenarkan pernyataannya mari kita simak pembahasan berikut.

Satelit atau satelit buatan merupakan benda buatan manusia yang mengorbit bumi pada ketinggian tertentu menggunakan transportasi peluncuran roket. 

Satelit tidak hanya sebagai pemancar internet, tapi banyak kegunaannya, berikut kegunaan satelit buatan:

  1. Penelitian

Satelit buatan manusia diluncurkan untuk keperluan penelitian baik yang berkaitan dengan bumi secara langsung atau yang terkait dengan tata angkasa. Misalnya, satelit difungsikan untuk pengambilan foto bumi dari luar seperti satelit Danuri milik Korea Selatan yang sukses kirimkan gambar hitam-putih bulan dan bumi.

  1. Navigasi

Satelit juga berfungsi untuk keperluan navigasi. Misalnya, untuk menentukan arah pesawat atau untuk melakukan pemantauan posisi pesawat. Satelit juga menjadi komponen terpenting dalam teknologi GPS yang berfungsi untuk menunjukkan posisi kita dalam peta digital.

  1. Komunikasi

Satelit juga difungsikan sebagai sarana komunikasi. Televisi atau internet membutuhkan satelit agar bisa terhubung  ke jaringan. Satelit akan membantu meneruskan sinyal komunikasi dari satu wilayah ke wilayah lain di bum. Sinyal ini juga berlaku untuk komunikasi dan sarana penyiaran lain.

  1. Pemetaan Sumber Daya Alam

Satelit juga punya fungsi untuk membantu manusia memetakan persebaran sumber daya alam yang tersimpan di perut bumi. Fungsi ini banyak dibutuhkan untuk keperluan pertambangan agar hasilnya bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk kehidupan sehari-hari.

  1. Militer

Militer membutuhkan satelit sebagai salah satu bentuk pertahanan. Misalnya, suatu negara menggunakan satelit untuk pemantauan wilayah musuh. Satelit juga bisa digunakan untuk mengirim data dan informasi terkait musuh yang terpantau di udara.

  1. Meramal Cuaca

Satelit juga membantu manusia untuk meramalkan cuaca di suatu wilayah. Misalnya, memantau awan dari luar bumi yang berpotensi membawa hujan di suatu wilayah. Prediksi cuaca dilakukan secara realtime sehingga akurasinya lebih tinggi.

  1. Memantau Kebakaran Hutan

Kadangkala kebakaran hutan tidak terdeteksi oleh manusia karena titik apinya berada di dalam pedalaman. Dengan adanya satelit, titik api yang muncul di kedalaman hutan bisa terdeteksi dengan mudah.

  1. Pemantauan Tingkat Polusi

Polusi udara jadi isu yang sering diangkat oleh berbagai negara. Untuk memantau tingkat polusi udara dibutuhkan satelit yang memantau kejernihan langit suatu wilayah

  1. Sebagai Laboratorium

Satelit juga dibutuhkan sebagai laboratorium luar angkasa. Misalnya, NASA ingin meneliti planet Mars dengan mengirimkan astronot mereka. Penelitian bisa dilakukan di satelit buatan yang telah lebih dulu mengorbit di luar bumi. Salah satu negara yang memiliki laboratorium luar angkasa adalah Rusia. Selain itu ada International Space Station (ISS) yang kerap dimanfaatkan untuk kepentingan penelitian.

  1. Eksplorasi

Luasnya tata surya membuat sejumlah negara berambisi untuk melakukan eksplorasi besar-besaran. Kegiatan ini dilakukan dengan bantuan satelit baik secara langsung maupun tidak.

Sumber: https://voi.id/teknologi/248378/fungsi-satelit-buatan

Contoh cara kerjanya

Seperti yang sudah saya jelaskan bahwa satelit juga bisa mentransmisikan internet, satelit juga berperan penting terhadap mudahnya akses internet ke area yang tidak terjangkau fiber optik karena faktor, pedesaan, laut, atau tempat terpencil. Lalu bagaimana cara kerjanya? Berikut cara kerja umumnya:

  1. Penerimaan Sinyal: Satelit menerima sinyal internet dari stasiun bumi yang terhubung ke jaringan internet darat. Sinyal ini kemudian diproses di dalam satelit.

  2. Re-transmisi Sinyal: Satelit kemudian mengirimkan kembali sinyal-sinyal tersebut ke bumi, menggunakan frekuensi yang berbeda agar tidak terjadi tabrakan dengan sinyal yang datang.

  3. Penangkapan Sinyal: Antena parabola atau perangkat penerima lainnya di rumah pelanggan menangkap sinyal yang dikirimkan oleh satelit.

  4. Dekripsi dan Pengiriman ke Pengguna Akhir: Sinyal yang ditangkap di rumah pelanggan didekripsi dan diterjemahkan menjadi data internet yang bisa digunakan oleh perangkat-perangkat seperti komputer atau smartphone.

Fiber optik

Ada alasan lain kenapa satelit unggul terhadap fiber optik yaitu:

  1. Biaya Infrastruktur: Penyelenggaraan serat optik memerlukan investasi infrastruktur yang besar. Ini termasuk penggalian untuk menanam kabel, memasang stasiun pemancar, dan peralatan tambahan.

  2. Keterbatasan Geografis: Terdapat batasan geografis dalam penggunaan serat optik, terutama di daerah yang berkontur berat, pegunungan, atau wilayah terpencil yang sulit dijangkau.

  3. Keterbatasan Jarak: Serat optik memiliki batasan jarak tertentu sebelum perlu diperlakukan atau diperkuat ulang, yang dapat membuatnya tidak praktis untuk digunakan dalam jarak yang sangat jauh seperti antara benua atau pulau-pulau yang terpencil.

  4. Kerentanan terhadap Gangguan Fisik: Serat optik rentan terhadap kerusakan fisik, seperti gempa bumi atau pekerjaan konstruksi. Hal ini dapat menyebabkan gangguan dalam layanan internet jika terjadi kerusakan pada kabel serat optik.

Kesimpulannya, masing - masing memiliki kelebihan dan kekurangan, namun yang perlu diingat sesuatu yang telah dibuat itu bukan tanpa alasan dan sudah semestinya memiliki perannya masing - masing, jadi bukan berarti sudah ada fiber optik tak perlu adanya satelit atau satelit memang tidak ada.

Berikut adalah penjelasan dari saya, semoga menjadi pembelajaran atau pengetahuan baru bagi kalian yang baru tahu. Semoga bermanfaat, terima kasih!!

Komentar

Postingan Populer