Langsung ke konten utama

Postingan Terakhir

Pohon Tua Dengan Penyimpanan Air Paling Banyak

Apakah Siput Memiliki Gigi? Berikut Penjelasannya

baguspedia.org - Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan hewan yang satu ini, hewan bercangkang yang suka menempel di tembok rumah sehabis hujan. Siput sudah bercangkang sejak lahir dan terus bertumbuh seiring bertambah umur siput.

(Sumber: tertaut di gambar) 
Siput Bercangkang

Tapi ada siput yang tidak bercangkang atau nama lainnya resrespo atau lintah bulan (Biodiversity Warriors By Kehati, 2024).

Kembali ke pembahasan, tahukah kamu bahwa siput memiliki gigi, bahkan gigi itu sebanyak ribuan lebih tepatnya 25.000 gigi. Bagaimana bisa dengan tubuh sekecil itu memiliki ribuan gigi, lalu apa fungsinya dengan gigi-gigi itu, berikut penjelasannya.

Gigi siput tidak seperti gigi manusia yang terdiri dari enamel dan dentin.

Gigi siput terbuat dari kitin atau protein keras yang merupakan bahan dari cangkangnya, lalu di mana gigi sebanyak itu? 

Ribuan gigi itu tersusun rapi dalam barisan di atas struktur pita yang disebut radula. Radula terletak di mulut siput dan bergerak seperti lidah, membantu memecah makanan siput.

(Sumber: tertaut di gambar)
Radula siput

Permukaan radula dilapisi ribuan dentikel atau gigi kecil yang tersusun berpola.

Jumlah dentikel pada radula bervariasi tergantung spesies siput. Namun, rata - rata berjumlah 1.000-25.000 dentikel😃. Walaupun banyak, gigi - gigi iitu rapuh dan mudah rusak, karena itu, siput memiliki gigi baru untuk menggantikan gigi lama.

Lalu apa fungsi gigi yang sebanyak itu, tentu saja bukan untuk menakuti predator dengan gigi - gigi itu. Giginya sangat penting dalam kelangsungan hidup siput.

Apa pentingnya? Perlu diketahui, siput memakan berbagai jenis makanan, seperti buah, jamur, hingga bangkai.

Yang paling umum, gigi itu berfungsi memecah dan menghaluskan makanan, lalu mencengkeram makanannya. Sebab siput tak punya lengan ataupun tangan😭.

Fungsi paling unik dari gigi siput yaitu memiliki fungsi yang sama seperti lidah pada umumnya, yapp betul sekali sebagai perasa.

Dentula radula memiliki sensor rasa sehingga memiliki kemampuan untuk merasakan rasa makanannya. Kira - kira siput suruh nyicipin masakan saya doyan ngga yah😆.

Beberapa spesies siput menggunakan ribuan giginya untuk mengeluarkan lendir yang lengket, berguna untuk membangun sarang dan melindungi telur mereka.

Demikian, itulah jawaban dari rasa penasaran teman - teman atau barangkali informasi yang baru buat temn - teman, semoga bermanfaat terima kasih!!

Komentar

Postingan Populer